Sosialisasi Magang 2018

Hai, Kom

Berikut rekapitulasi sosialisasi magang pada Rabu, 25 April 2018. Bagi kalian yang sedang mencari tempat magang dapat melihat dokumen dibawah ini untuk menjadi referensi magang kalian. Semangat ya, Kom!

 

  1. Apabila membutuhkan bantuan untuk mengirim CV, dapat mengunjungi perpustakaan
    melalui CDC
  2. Untuk membuat CV yang menarik, sertakan sebagai berikut :
    • Data diri yang lengkap
    • Sertakan pendidikan
    • Tuliskan keterampilan yang dimiliki
    • Prestasi yang didapat
    • Kepribadian
    • Nilai
    • Minat atau Hobi
    • Pengalaman kerja dan pengalaman organisasi
  3. Tips membuat CV
    → Fokus pada posisi atau pillihan
    → Design dengan bagus
    → Rapih dan menarik
    → Informatif dan ringkas tidak bertele-tele
    → Penggunaan tata bahasa yang akurat
    Sifat secara umum dalam dunia kerja
    1. Caring
    → Aktif dalam komunikasi
    → Menjaga tata cara berucap & berperilaku (gunakan “saya-anda” , hindari “gue-elu”)
    → Menjadi pendengar yang aktif dan memiliki kesediaan dalam memberi solusi.
    2. Credible
    → Memahami kode etik dan menaati peraturan yang ada
    → Bersikap profesional
    → Jujur
    → Terbuka kedapa rekan kerja
    3. 5S
    Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun
    4. 5 Magic Word
    → Tolong
    → Terima Kasih
    → Permisi
    → Maaf

Dresscode saat wawancara magang
• Pakaian yang pantas, modis, sederhana, sesuaikan dengan kultur perusahaan
• Untuk wanita gunakan make-up secukupnya
*Rapih itu relative, jadi sesuaikan dengan industrinya.
*KRS dimulai di bulan Juli, sehingga untuk pengajuan KM-01 setelah melakukan pengisian
KRS.

Informasi lanjut dapat dilihat dibawah ini:

PPT Magang Dari CDC

PPT Magang Dari Student Support

PPT Magang Dari Prodi

Referensi Tempat Magang 2018

Buku Panduan Kerja Magang FIKOM 

Pesan dari Bapak Inco :
→ Untuk pembuatan KM setiap angkanya, dibuat berlembar-lembar atau 10 lembar.
Sehingga dapat memilih yang paling cocok.
→ Berikan pengantar pada body e-mail, sertakan perkenalan diri, dan ceritakan sedikit
tentang UMN
→ Pada saat interview cari tau terlebih dahulu siapa pembimbing lapangan.
→ Banyak perusahaan yang menginginkan anak magang, sehingga jika Anda diminta untuk
perpanjang magang, tetapi Anda masih memiliki kewajiban dalam kuliah, dahulukan
perkuliahan. Jika ingin lanjut diperbolehkan, tetapi lebih baik diangkat menjadi status part
time. Tidak lagi sebagai status magang. Karena upah magang dan part time akan berbeda.
JURNALISTIK
→ Dalam pengajuan magang, sertakan portofolio. Minimal portofolio dari tugas kuliah. Cari
apa yang membedakan diri Anda dengan orang lain.
→ Jika ingin bekerja di statusin TV, maka maganglah di stasiun TV juga. Begitu pula dengan
cetak maupun radio.
→ Kejar target untuk magang di perusahaan yang sudah matang.
→ Jika perlu, mintalah kepada perusahaan posisi sebagai apa yang Anda inginkan.
QnA
1. Apakah diperbolehkan untuk magang di perusahan baru?

→ Tidak masalah jika itu perusahaan baru atau lama, yang perlu dilihat adalah kualitas
suatu perusahaan. Karena perusahaan lama belum tentu bagus dan perusahaan baru
belum tentu jelek. Terlebih lagi, carilah perusahaan yang stabil dan carilah perusahaan
yang besar, karena jika perusahaan baru, pengetahuan menjadi kurang luas.
Perhitungkan juga pengalaman si owner perusahaan.

2. Adakah minimal jarak?
→ Lokasi dekat atau jauh tidak masalah. Jika bisa, carilah perushaan yang dekat tetapi
bagus. Contohnya SMS.
3. Adakah maksimal jumlah anak yang magang dalam 1 perusahaan?
→ Tidak masalah jika 1 perusahaan memiliki 10 anak magang, yang terpenting adalah
laporan kerja magang yang berbeda dengan bidang yang berbeda juga. Maka dari itu,
pilihlah perusahaan yang memiliki project yang banyak.
4. Bagaimana cara mengajukan KM-00, jika nilai sudah aman tetapi belum mengisi KRS
dan bagaimana cara mengajukan KM 1 hingga KM KM selanjutnya?
→ Berdoa. Form dapat diambil ke Mbak Lia. Agar cepat, perhatikan isi terutama nama
perusahaan. Sertakan transkrip sampai semester 6. 2x24 jam pengambilan transkrip
sesuai SOP.
5. Mengapa saat pengajuan magang, harus mengisi KRS terlebih dahulu sedangkan hal
tersebut akan mempersempit waktu?
→ Tertib administrasi. Sehingga sebelum magang, masalah administrasi sudah beres.
Hal ini sekaligus bagian dari syarat akreditasi jurusan.
6. Apakah boleh untuk mengambil magang lintas jurusan?
→ Tidak masalah, tetapi hanya boleh memiliki perbedaan pada mata kuliah maksimal
15 SKS dan masih tetap setia pada Ilmu Komunikasi.
7. Apakah harus menunggu magang selesai baru diperbolehkan sambilan sidang?
→ Jawaban balik ke perusahaan. Apakah perusahaan mau mengeluarkan surat selesai
magang. Sehingga me-lobi lah ke perushaannya.