NOTULEN WEBINAR PENJURUSAN MAHASISWA STRATEGIC COMMUNICATION ANGKATAN 2018 – 6 MEI 2020

Pada Webinar ini ada banyak penyampaian informasi terkait pemilihan penjurusan yang akan diambil pada saat mahasiswa Strategic Communication ada di semester 5.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan :

– Setiap mahasiswa di semester 5 harus memilih Mata Kuliah Eletif yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing mahasiswa sehingga bisa menjadi bekal pada saat menjalani magang nanti.

– Ada 15 sks atau 5 mata kuliah pada Mata Kuliah Elektif yang terdiri dari 6 sks (2 mata kuliah) di semester 5 dan 6 sks (2 mata kuliah) di semester 6.

– Ada satu mata kuliah elektif wajib yang akan diambil pada semester 6 (3 sks).

Sebelum mengambil KRS, yang perlu diperhatikan adalah :

– Nilai minimal lulus seluruh mata kuliah adalah C. Kalau masih ada nilai dibawah C maka tidak bisa lulus atau diyudisium karena tidak memenuhi syarat yang ada.

– Ada juga mata kuliah yang nilai minimalnya adalah B yaitu :

  • FK100 Introduction to Communication Science
  • FK201 Communication Theory
  • SC254 Introduction to Public Relations
  • SC255 Introduction to Advertising

Untuk 4 mata kuliah di atas, jika mendapatkan nilai B- maka akan dianggap masih tidak lulus dan harus mengulang. Bisa mengulang di Semester Antara karena 4 matkul ini akan dibuka di semester ganjil dan semester genap.

 

Berikut merupakan daftar mata kuliah yang bisa diambil pada semester 5 :

1.) MAHASISWA MEMILIH 2 DARI 5 MATA KULIAH YANG SESUAI DENGAN PERMINATANNYA

Corporate Communication :

  • PR500 Public Relations Management
  • PR501 Corporate Communication Management
  • PR502 Public Opinion & Advocacy
  • PR503 Reputation Management
  • PR504 Writing for Public Relations

 

Marketing Communication :

  • MC500 Visual Communication & Literacy
  • MC501 Growth Hacking
  • MC502 B2B & Corporate Advertising
  • MC503 Account Planning & Management
  • MC504 Art, Copywriting & Creative Strategy

 

Berikut merupakan daftar mata kuliah yang bisa diambil pada semester 6 :

1.) MAHASISWA MEMILIH MASING-MASING 1 DARI 3 MATA KULIAH YANG ADA PADA PERMINATAN DIBAWAH INI

Corporate Communication :

  • PR605 Community Relations & Engagement
  • PR606 Investor & Government Relations
  • PR607 Employee Relations

 

Marketing Communication :

  • MC605 Advertising Business
  • MC606 Promotions Management
  • MC607 Personal Selling & Support Media

 

2.) MAHASISWA DIWAJIBKAN UNTUK MEMILIH 1 MATA KULIAH YANG ADA DIBAWAH INI

  • SC690 Special Topics : Campaign for Tourism & Hospitality
  • SC692 Special Topics : Campaign for People & Politics
  • SC693 Special Topics : Campaign for Consumer Porducts

Mengenai deskripsi mata kuliahnya bisa dilihat pada buku Panduan Akademik atau dengan melihat di myumn.ac.id. Setiap mahasiswa dianjurkan untuk mengambil mata kuliah yang memang sesuai dengan peminatan dan kemampuan masing-masing diri. Dari daftar mata kuliah yang tersedia tidak boleh dicampur antara Corporate Communication dan Marketing Communication kecuali pada semester 6. Di semester 6 mahasiswa diWAJIBkan untuk mempelajari 1 mata kuliah dari perminatan lain.

Disarankan kepada setiap mahasiswa untuk menentukan terlebih dahulu kedepannya ingin terjun di dunia kerja seperti apa agar bisa lebih mudah menyesuaikan mata kuliah yang akan diambil.

Contoh :

Apabila peminatannya Corporate Communication dan ingin menjadi PR Executive atau PR Manager atau PR Consultant maka sebaiknya mengambil mata kuliah PR500 Public Relations Management, PR504 Writing for Public Relations, MC605 Advertising Business, dan PR606 Investor & Government Relations

Apabila peminatannya Marketing Communication dan ingin menjadi Copywriter atau Creative Advertising maka sebaiknya mengambil mata kuliah MC500 Visual Communication & Literacy, MC504 Art, Copywriting & Creative Strategy, PR605 Community Relations & Engagement, dan MC605 Advertising Business.

 

Q n A :

  1. Apakah perminatan akan mempengaruhi kesempatan kerja seseorang ?

Jawaban : Mengenai perminatan tidak akan mempengaruhi kesempatan kerja seseorang karena akan kembali lagi kepada kemampuan / ability masing-masing orang dan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

  1. Kalau ingin kerja di event apakah harus sering mengikuti konser yang ada?

Jawaban : Sebaiknya iya, agar bisa melihat secara langsung seperti apa sih dunia Event sebenarnya sekaligus melakukan riset lansung dengan mengamati lingkungan sekitar event tersebut. Pelajari bagaimana cara suatu event meng-treat orang yang datang. Semua butuh proses, jadi banyaklah belajar walaupun harus belajar dari bawah, misalnya menjadi seorang Accer atau LO.

  1. Kalau mau kerja di event, kira-kira magang dimana ya kak?

Jawaban : Coba untuk follow akun-akun official penyelenggara event untuk bisa memperoleh informasinya dan belajar dari sana.

  1. Kalau kerja di dunia komunikasi, tantangan yang sedang real itu seperti apa sih kak?

Jawaban : Tantangan di dunia komunikasi sekarang terutama di pemerintah, itu untuk me-manage information. Karena informasi sekarang itu massive di sosmed, jadi gimana caranya kita memberikan sesuatu yang kredibel tapi tidak mematikan semangat demokrasi orang-orang. Semua bidang komunikasi sekarang juga sudah sangat solid, jadi tidak ada lagi pengelompokan-pengelompokan yang mana Corporate Communication dan mana Marketing Communication.

 

PERTANYAAN TEKNIS

  1. Kalau misalnya jurusan PR, tapi ingin masuk ke dunia marketing communication apakah ada kesulitan ketika harus cross?

Jawaban : Sebenarnya kalau sudah di dunia pekerjaan, itu sudah tidak ada batasannya lagi. Jadi lebih ke apa yang sudah dipelajari di kampus untuk kita pakai di dunia kerja. Pilih mata kuliah yang memang relate sama dunia kerja yang ingin dijalani kedepannya agar bisa mendukung kemampuan kita di bidang tersebut. Mengenai kesusahan atau tidaknya itu balik lagi ke diri kita masing-masing karena semua bisa dipelajari.

  1. Kalau misalnya nanti di semester 5, apakah memungkinkan menggambil mata kuliah yang jurusannya tidak kita ambil? Misalnya saya di jurusan Marketing Communication tapi ingin ambil mata kuliah di Corporate Communication ?

Jawaban : Jadi mahasiswa tetap harus MEMILIH dan tidak bisa double action. Kalau ingin mencoba mata kuliah di jurusan lain itu bisa di semester 6 tapi hanya 1 mata kuliah saja. Kemudian kita juga harus tau mau jadi apa kedepannya agar kita bisa memadupadankan mata kuliah apa yang harus kita ambil. Jadi tergantung ke mahasiswanya mau jadi apa.

  1. Apakah ada kuotanya antara Corcom dan Marcom, apakah harus cepat2an?

Jawaban : Jadi salah satu tujuan dibuatnya survey adalah untuk menentukan jumlah kelas yang akan dibuka nantinya. Tetap setiap kelas itu memiliki kuota 40 mahasiswa. Tapi survey ini untuk memetakan kebutuhan kelas antara Corporate Communication dan Marketing Communication.

  1. Apabila ada beberapa pertanyaan mengenai perminatan ini, harus tanya ke mana ya Pak?

Jawaban : Kumpulin pertanyaannya ke I’M KOM dan nantinya akan ada bimbingan akademik  untuk pengisian KRS semester ganjil 2020/2021 lanjutan.

  1. Kalau saya memiliki nilai mata kuliah wajib yang tidak lulus, apakah saya tetap bisa lanjut ke mata kuliah di semester selanjutnya?

Jawaban : Kalau ada nilai yang belum lulus mahasiswa tetap bisa lanjut ke mata kuliah lainnya tapi akan menjadi kendala pada saat ingin menjalankan magang karena tidak memenuhi syarat.