Notulen Pembekalan Magang Online 29 April 2020 Program Studi Strategic Communication Angkatan 2017

Apa Itu Magang ?

Sebagai bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu, dengan bekerja secara langsung di bawah naungan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan atau jasa di perusahaan dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu. (Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per 22/MEN/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri)

Manfaat Magang

  • Meningkatkan percaya diri saat mengidentifikasi keterampilan dan kemampuan serta bakat.
  • Mendapat kesempatan untuk mengaplikasikan semua ilmu yang telah dipelajari.
  • Mempelajari detail tentang seluk beluk standar kerja yang profesional sebagai bekal dalam menjalani jenjang karir yang sesungguhnya.
  • Menambah wawasan mengenai dunia industri untuk meningkatkan keterampilan serta keahlian praktek kerja
  • Mendapatkan networking kesempatan kerja (mengembangkan jaringan kontak profesional, yang dapat berguna untuk referensi di masa depan)
  • Sebagai proses sadar karir (evaluasi, merenungkan dan mencoba bidang karier)

 

Apa Saja yang harus dipersiapkan ?

– Personal Branding

Terpenting dalam melamar pekerjaan adalah personal branding. Dimana hal ini dapat membedakan diri dengan kandidat lainnya, dengan mengkomunikasikan nilai-nilai diri, keterampilan, pengalaman dan tujuan kepada pemberi kerja. Setiap orang merundingkan apa keunikan dalam diri masing-masing (unik/berbeda dengan orang lain). Kemudian, menuliskannya, seperti hal unik yang terkait dengan sikap profesional, bukan fisik. Selanjutnya, identifikasi nilai yang penting dalam hidup. Contohnya mendapatkan pembelajaran, apabila perusahaan menawarkan magang tanpa gaji, maka dapat dijadikan patokan kita. Selanjutnya, membuat personal SWOT Analysis untuk diri sendiri. Agar dapat menemukan kelebihan, kekurangan diri pribadi, dan menganalisis keadaan luar seperti covid 19 yang menghalangi magang. Perlu untuk memahami kepribadian agar pas lulus tidak bingung akan tujuan dan kelebihan diri kita.

– Surat Aplikasi Kerja

1. Cover Letter

Tujuan Cover Letter adalah memperkenalkan diri dan menciptakan good first impressions, Mempresentasikan kualifikasi dengan cara yang menarik, Bentuk permohonan untuk diundang ke proses interview.

Cover Letter yang efektif :

  • Tepat sasaran dan ringkas
  • Ditulis dengan strategis
  • Menjelaskan bahwa keterampilan yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan perusahaan. (Selalu perhatikan kebutuhan perusahaan, lakukan riset)
  • Jangan mengulang informasi yang ada di CV
  • Personalisasikan Cover Letter (Jangan menuliskan cover letter yang one size fits all, buat satu cover letter untuk satu posisi pekerjaan)

 

2. Curriculum Vitae (CV)

  • Personal Information – Tuliskan identitas diri dan kontak informasi. Hindari menuliskan hal – hal yang bersifat tidak professional dan rasis.
  • Education – Tuliskan dengan detail, tulis nama institusi/sekolah, periode belajar dan jurusan dalam format kronologis terbalik.
  • Work/ Organization Experiences – Tulis dengan format urutan kronologis terbalik. Pastikan tuliskan nama organisasi/perusahaan, periode bekerja, posisi bekerja, deskripsi tugas dan pencapaian yang diraih. Pengalaman organisasi, kepanitiaan, menjadi relawan dan kegiatan ekstrakurikuler bisa dimasukkan.
  • Achievements – Pastikan untuk menuliskan pencapaian dalam hal akademik dan non akademik. Tuliskan secara spesifik, termasuk informasi tentang tingkatan pencapaian (lokal, nasional, internasional), periode lomba, dan pihak penyelenggara.
  • Training and Workshops – Hanya tulisan training dan workshop yang terkait dengan skill yang dibutuhkan saat magang.
  • Skills – Termasuk keterampilan Computer dan Bahasa Asing.

 

3. Portofolio

Prosedur Aplikasi Kerja Magang

  • Mahasiswa berperan aktif dalam proses pencarian magang.
  • Persiapkan CV dan portofolio dengan baik.
  • Persiapkan diri untuk interview kerja.
  • Bagi mahasiswa yang belum mendapatkan tempat magang dapat mengunjungi divisi Career Development Centre (CDC) di ruang C202 atau menghubungi karier@umn.ac.id.
  • Apabila perusahaan meminta surat pengantar magang, maka mahasiswa menyerahkan surat pengantar magang yang didapat dari admin prodi ke CDC.

(Notes : Apabila meminta bantuan CDC, mahasiswa tidak bisa banyak memilih. Karena CDC akan menyebarkan profil mahasiswa dan disebarkan keseluruh koneksi yang ada. Seperti tidak bisa pilih lokasi magang, dll.)

(Sumber : Career Development Centre)

Bahan untuk mengakses materi Pembekalan Magang Online oleh Prodi untuk angkatan 2017 dapat diakses melalui : bit.ly/briefingmagang2020 dengan email student.

QnA :

Q : Surat pengantar bisa diminta melalui apa ?
A : mekanisme surat pengantar bisa request ke Admin FIKOM melalui fikom@umn.ac.id. Surat pengantar adalah KM – 02.

Q : Apakah ada lokasi magang yang tidak diperbolehkan ?
A : Kalau jarak tidak ada masalah, boleh dimana saja.

Q : CV sebaiknya dibuat kapan ?
A : Bisa dimulai dari sekarang, namun surat baru akan diproses setelah mahasiswa mengisi KRS.

Q : Apakah peminatan Public Relation boleh mengambil magang dengan jobdesk yang seharusnya diperuntukkan kepada peminatan Marketing Communication?
A : Boleh saja, namun harus diperhatikan apakah kalian siap dengan jobdesk tersebut ketika kalian tidak mendapatkan bekal dari jobdesk tersebut, namun bisa karena masih dalam lingkup Strategic Communication.

Q : Apakah dapat curi start untuk magang sekarang ?
A : Bisa saja, kom. Namun harus diingat bahwa Prodi hanya menerima setelah ada surat penerimaan selama minimal 60 hari.

Q : Apakah WFH akan tetap dihitung ?
A : Dihitung apabila perusahaan mengakui WFH sebagai hari kerja magang.

Q : Apabila perusahaan memberikan periode kerja lebih dari 60 hari apakah tidak menjadi masalah ?
A : Tidak masalah, karena magang sidang di Januari. Kalau melebihi tanggal oengumpulan laporan magang, bisa meminta surat berhenti sementara dari perusahaan.

Q : Apakah ada batas maksimal pengumpulan KM-01 ?
A : Maksimal 5.