Materi Bimbingan Akademik Program Studi Komunikasi Strategis 2018 (Semester Genap)

NOTULEN BIMBINGAN AKADEMIK

SESI 2

( 26 Februari 2020 )

Expexted Learning outcome :

  1. Mampu mengimplementasikan pengembangan dan implementasi ICT dalam bidang komunikasi strategis, berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif. (C2)
    Contoh : Implementasi Critical dan Creative Thinking dan Design Thinking.
  2. Mampu mengidentifikasi permasalahan komunikasi strategis dengan menggunakan teori-teori dasar komunikasi. (C2)
    Contoh : Di kelas Bu Endah dan Pak Rismi, bagaimana disambungkan ke permasalahan-permasalahan Komunikasi Strategis.
  3. Mampu melakukan riset, membuat perencanaan strategi dengan memanfaatkan berbagai macam channel dalam dunia multimedia dalam bidang komunikasi strategis. (C3)
    Contoh : Bisa memanfaatkan berbagai channel. Contoh implementasi di Semester 3 Multimedia Laboratory.
  4. Mampu mengimplementasikan ide-ide kreatif dan menjalankan produksi melalui berbagai macam channel dalam dunia multimedia dalam bidang komunikasi strategis. (C3)
    Contoh : Bentuk bulat pada logo UMN memiliki arti yaitu global. Dan diharapkan mahasiswa mampu berpemikiran global. Maka nanti diharapkan kalau ada pertukaran mahasiswa sebaiknya diambil. Seperti pertukaran mahasiswa dengan Australia dan lain-lain.
  5. Mampu menganalisis permasalahan etika, kasus khusus, dan isu global dalam industri komunikasi strategis (C4)
    Contoh : Belajar terus sepanjang hidup untuk menjadi manusia yang lebih baik.
  6. Mampu menafsirkan perubahan industri dan lingkungan komunikasi strategis dengan menjadi lifelong learner. (C5)
    Contoh : Adanya laporan bahwa mahasiswa FIKOM banyak yang menyontek. Lebih baik nilai bagus karna usaha sendiri.
  7. Mampu menyelesaikan masalah komunikasi yang dihadapi oleh masyarakat sesuai dengan norma hukum, norma sosial, dan etika yang berlaku. (C3)
    Contoh : Jangan cuma bergaul dengan anak satu prodi. Namun juga Bersama anak dari fakultas lain seperti DKV, FTV, dll.

Informasi dasar – Kegiatan Akademik

  • Kegiatan Akademik UMN berbentuk perkuliahan, diskusi kelompok, praktikum, penelitian, praktik kerja lapangan, seminar, dan lain-lain. Kegiatan Akademik tersebut dinilai dalam bentuk satuan kredit semester.
  • Satu Satuan Kredit Semester (sks) terdiri atas tiga komponen kegiatan yang tidak terpisah satu sama lain dan tidak saling mensubstitusi yaitu:
    1. Kegiatan belajar dengan tatap muka 50 menit per minggu per semester;
    2. Kegiatan belajar dengan penugasan terstruktur 60 menit per minggu per semester;
    3. Kegiatan belajar mandiri 60 menit per minggu per semester.
  • Semester adalah satuan waktu kegiatan yang terdiri atas 16 minggu perkuliahan. Terdiri dari 14 minggu pertemuan (tatap muka, online, dan blended) dan 2 minggu UTS/UAS.
  • Masa studi minimal 7 semester.
  • Masa studi maksimal 14 semester.
  • Kurikulum Prodi disusun untuk masa kuliah 8 semester dengan bobot 146

 

Informasi Dasar Kurikulum

  • Mulai semester ganjil, tidak boleh ada mata kuliah yang D. Maka diwajibkan ulang sebagai syarat kelulusan.
  • Kurikulum terdiri dari:
  • TIDAK BOLEH ADA NILAI “D”

               SEMUA MATA KULIAH => NILAI LULUS MINIMAL “C”

  • Mata Kuliah Wajib Fakultas (Kode FK); contoh: FK100 Introduction to Communication Science; FK201 Communication Theory
  • Mata Kuliah Wajib Prodi (Kode SC); contoh: SC150 Business Principles; SC252 Business English
  • Mata Kuliah Pilihan Corporate Communication (Kode PR); contoh: PR503 Reputation Management; PR504 Writing for Public Relations
  • Mata Kuliah Pilihan Marketing Communications (Kode MC); contoh: MC501 Growth Hacking; MC504 Art, Copywriting & Creative Strategy
  • Mata kuliah penjaminan mutu fakultas – Prodi

NILAI LULUS MINIMAL “B” ATAU 70

  1. FK100 Introduction to Communication Science
  2. FK201 Communication Theory
  3. SC254 Introduction to Public Relations
  4. SC255 Introduction to Advertising

Kartu Rencana Studi

  • Jadwal pengisian KRS Semester Gasal 2020-2021 adalah : 27-31 Juli 2020
  • Jumlah SKS yang bisa diambil disesuaikan dengan nilai IPS semester periode tahun sebelumnya. Misalka, untuk mengambil KRS semester 3(gasal) maka yang menjadi acuan adalah IPS semester 1 (gasal); untuk mengambil KRS semester 4 (genap) maka yang menjadi acuan adalah IPS Semester 2 (genap).

 

IPS SKS
0.00 – 1.49 12 SKS
1.50 – 1.99 15 SKS
2.00 – 2.49 18 SKS
2.50 – 2.99 21 SKS
3.00 – 3.49 23 SKS
3.50 – 4.00 24 SKS

 

SEMESTER 5
No Kode Mata Kuliah SKS Nilai Lulus Prasyarat
1 FK513 Academic Writing 2 C FK205; FK412
2 FK517 Statistics for Social Science 3 C FK304
3 SC560 Communication Research Methods 1 3 C FK201; FK412
4 SC574 Direct Marketing & Customer Relationship Management 3 C SC370
5 SC576 Crisis Communication 3 C SC356
6 SC577 Special Event & Brand Activation 3 C SC473
7   Elective – Major 3   Pilih dari kolom Mata Kuliah Pilihan Major Semester 5
8   Elective – Major 3   Pilih dari kolom Mata Kuliah Pilihan Major Semester 5
      23    

 

MAJOR CORPORATE COMMUNICATION
MINOR MARKETING COMMUNICATION
SEMESTER 5
No Kode Mata Kuliah SKS Nilai Lulus Prasyarat
1 PR500 Public Relations Management 3 C SC356
2 PR501 Corporate Communication Management 3 C SC356
3 PR502 Public Opinion & Advocacy 3 C SC356
4 PR503 Reputation Management 3 C SC356
5 PR504 Writing for Public Relations 3 C SC356

 

MAJOR MARKETING COMMUNICATION
MINOR CORPORATE COMMUNICATION
SEMESTER 5
No Kode Mata Kuliah SKS Nilai Lulus Prasyarat
1 MC500 Visual Communication & Literacy 3 C SC370
2 MC501 Growth Hacking 3 C SC481
3 MC502 B2B & Corporate Advertising 3 C SC370
4 MC503 Account Planning & Management 3 C SC370
5 MC504 Art, Copywriting & Creative Strategy 3 C SC370
  • Public Relations Management
    Membah
    as tentang konsep Public Relations dan bagaimana proses manajemen di dalamnya dalam konteks komunikasi mulai dari perencanaan hingga evaluasinya.
  • Corporate Communication Management
    Mata kuliah ini mengajarkan konsep dan kesadaran tentang posisi dan fungsi corporate communications di perusahaan serta dan hubungannya dengan keilmuan Public Relations, merancang dan mengimplementasikan program corporate communications. Penekanan akan dilakukan pada penguasaan konsep-konsep corporate communication, pembuatan rencana dan strategi Corporate communications hingga implementasinya.
  • Public Opinion & Advocacy
    Mata kuliah ini mengajarkan konsep pengelolaan opini publik terhadap pencitraan sebuah perusahaan dalam konteks public relations dan bagaimana peran public relations dalam proses advocacy publik.
  • Reputation Management
    Mata kuliah ini mempelajari dan menelaah pentingnya membentuk dan mengelola reputasi bagi organisasi baik organisasi berbasis laba maupun nirlaba dan organisasi publik.
  • Writing for Public Relations
    Mata kuliah ini membahas ruang lingkup media PR yang mencakup media interaktif, alasan PR menggunakan media, fungsi media PR, perencanaan media PR baik internal atau eksternal, analisa media PR, media selektif.
  • Visual Communication & Literacy
    Mata kuliah ini mempelajari bagaimana mengkritisi sebuah visual sekaligus memahami bagaimana proses membuatnya. Mulai dari semiotika visual periklanan hingga bagaimana pemilihan visual yang cocok dan sesuai untuk sebuah bentuk komunikasi pemasaran.
  • Growth Hacking
    Mata kuliah ini mempelajari konsep dari growth-hacking yang dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan bisnis sebuah startup melalui teknik-teknik dan metode tertentu guna mendapatkan publikasi baik secara teknikal maupun organik.
  • B2B & Corporate Advertising
    Mata kuliah ini mempelajari aktivitas komunikasi pemasaran dalam konteks bisnis serta bagaimana pembentukan citra perusahaan melalui periklanan korporasi.
  • Account Planning & Management
    Mata kuliah ini memberikan pemahaman bagaimana mengelola kebutuhan dari klien dalam sebuah agency. Account Management juga memahami bagaimana cara mengelola dan menyambungkan antara suara konsumen, tujuan klien, idealisme brand, aktivitas kreatif dan perencanaan media.
  • Art, Copywriting & Creative Strateg
    Mata kuliah ini membahas bagaimana proses dan peranan kreativitas dalam aktivitas komunikasi pemasaran melalui penggunaan visual dan/atau copy. Selain itu, juga membahas bagaimana cara menggali ide dan gagasan serta penggunaannya dalam berbagai media komunikasi pemasaran.

 

Proses Bimbingan Akademik

  • Bimbingan Akademik dilakukan minimal 3 kali dalam satu semester.
  • Bimbingan Akademik Pertama akan dilakukan secara umum oleh Prodi yang akan dihadiri oleh mahasiswa per angkatan dan dosen-dosen pembimbing akademik.
  • Bimbingan Akademik kedua dan ketiga dilakukan secara langsung oleh Pembimbing Akademik yang telah ditentukan.