Materi Bimbingan Akademik Program Studi Komunikasi Strategis 2017 (Semester Genap)

NOTULEN BIMBINGAN AKADEMIK

SESI 3

( 26 Februari 2020 )

Expexted Learning outcome :

  1. Mampu mengimplementasikan pengembangan dan implementasi ICT dalam bidang komunikasi strategis, berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif. (C2)
    Contoh : Implementasi Critical dan Creative Thinking dan Design Thinking.
  2. Mampu mengidentifikasi permasalahan komunikasi strategis dengan menggunakan teori-teori dasar komunikasi. (C2)
    Contoh : Di kelas Bu Endah dan Pak Rismi, bagaimana disambungkan ke permasalahan-permasalahan Komunikasi Strategis.
  3. Mampu melakukan riset, membuat perencanaan strategi dengan memanfaatkan berbagai macam channel dalam dunia multimedia dalam bidang komunikasi strategis. (C3)
    Contoh : Bisa memanfaatkan berbagai channel. Contoh implementasi di Semester 3 Multimedia Laboratory.
  4. Mampu mengimplementasikan ide-ide kreatif dan menjalankan produksi melalui berbagai macam channel dalam dunia multimedia dalam bidang komunikasi strategis. (C3)
    Contoh : Bentuk bulat pada logo UMN memiliki arti yaitu global. Dan diharapkan mahasiswa mampu berpemikiran global. Maka nanti diharapkan kalau ada pertukaran mahasiswa sebaiknya diambil. Seperti pertukaran mahasiswa dengan Australia dan lain-lain.
  5. Mampu menganalisis permasalahan etika, kasus khusus, dan isu global dalam industri komunikasi strategis (C4)
    Contoh : Belajar terus sepanjang hidup untuk menjadi manusia yang lebih baik.
  6. Mampu menafsirkan perubahan industri dan lingkungan komunikasi strategis dengan menjadi lifelong learner. (C5)
    Contoh : Adanya laporan bahwa mahasiswa FIKOM banyak yang menyontek. Lebih baik nilai bagus karna usaha sendiri.
  7. Mampu menyelesaikan masalah komunikasi yang dihadapi oleh masyarakat sesuai dengan norma hukum, norma sosial, dan etika yang berlaku. (C3)
    Contoh : Jangan cuma bergaul dengan anak satu prodi. Namun juga Bersama anak dari fakultas lain seperti DKV, FTV, dll.

Informasi dasar – Kegiatan Akademik

  • Kegiatan Akademik UMN berbentuk perkuliahan, diskusi kelompok, praktikum, penelitian, praktik kerja lapangan, seminar, dan lain-lain. Kegiatan Akademik tersebut dinilai dalam bentuk satuan kredit semester.
  • Satu Satuan Kredit Semester (sks) terdiri atas tiga komponen kegiatan yang tidak terpisah satu sama lain dan tidak saling mensubstitusi yaitu:
    1. Kegiatan belajar dengan tatap muka 50 menit per minggu per semester;
    2. Kegiatan belajar dengan penugasan terstruktur 60 menit per minggu per semester;
    3. Kegiatan belajar mandiri 60 menit per minggu per semester.
  • Semester adalah satuan waktu kegiatan yang terdiri atas 16 minggu perkuliahan. Terdiri dari 14 minggu pertemuan (tatap muka, online, dan blended) dan 2 minggu UTS/UAS.
  • Masa studi minimal 7 semester.
  • Masa studi maksimal 14 semester.
  • Kurikulum Prodi disusun untuk masa kuliah 8 semester dengan bobot 146

 

Informasi Dasar Kurikulum

  • Mulai semester ganjil, tidak boleh ada mata kuliah yang D. Maka diwajibkan ulang sebagai syarat kelulusan.
  • Kurikulum terdiri dari:
  • TIDAK BOLEH ADA NILAI “D”

               SEMUA MATA KULIAH => NILAI LULUS MINIMAL “C”

  • Mata Kuliah Wajib Fakultas (Kode FK); contoh: FK100 Introduction to Communication Science; FK201 Communication Theory
  • Mata Kuliah Wajib Prodi (Kode SC); contoh: SC150 Business Principles; SC252 Business English
  • Mata Kuliah Pilihan Corporate Communication (Kode PR); contoh: PR503 Reputation Management; PR504 Writing for Public Relations
  • Mata Kuliah Pilihan Marketing Communications (Kode MC); contoh: MC501 Growth Hacking; MC504 Art, Copywriting & Creative Strategy
  • Mata kuliah penjaminan mutu fakultas – Prodi

NILAI LULUS MINIMAL “B” ATAU 70

  1. FK100 Introduction to Communication Science
  2. FK201 Communication Theory
  3. SC254 Introduction to Public Relations
  4. SC255 Introduction to Advertising

Kartu Rencana Studi

  • Jadwal pengisian KRS Semester Gasal 2020-2021 adalah : 27-31 Juli 2020
  • Jumlah SKS yang bisa diambil disesuaikan dengan nilai IPS semester periode tahun sebelumnya. Misalka, untuk mengambil KRS semester 3(gasal) maka yang menjadi acuan adalah IPS semester 1 (gasal); untuk mengambil KRS semester 4 (genap) maka yang menjadi acuan adalah IPS Semester 2 (genap).

 

IPS SKS
0.00 – 1.49 12 SKS
1.50 – 1.99 15 SKS
2.00 – 2.49 18 SKS
2.50 – 2.99 21 SKS
3.00 – 3.49 23 SKS
3.50 – 4.00 24 SKS

 

SEMESTER 7
No Kode Mata Kuliah SKS Nilai Lulus Prasyarat
1 SC767 Internship 4 C D tidak lebih dari 2 (TETAP HARUS DIULANG KEMUDIAN); tidak ada nilai E; FK100 (B); FK116 (C); FK201 (B); SC254 (B) untuk CorComm; SC255 (B) untuk MarComm; FK513 (C)
2 SC762 Research Proposal Seminar in Communication Science 3 C FK513; SC560 (C); SC661 (C); SC779 [C]
SC763 Research Proposal Seminar in Strategic Communication C FK513; SC560 (C); SC661 (C); SC779 [C]
SC764 Seminar for Project Based Thesis C FK513; SYARAT CLUSTER SESUAI PANDUAN
      7