Informasi Seputar Magang : FIKOM 2015

Mohon diperhatikan dengan saksama, Kom!
Simpang siur info tentang magang memang bikin bingung. Bagi kamu yang masih ragu tentang pengajuan KM, magang ASIAN GAMES, ketentuan magang lainnya, silakan lihat dibawah ini ya. I'M KOM telah melakukan konfirmasi kepada prodi (Bapak Inco Hary Perdana : Kaprodi Strategic Communication dan Bapak F.X. Lilik Dwi Mardjianto : Kaprodi Jurnalistik) untuk mendapat jawaban yang akurat dan terpercaya terkait pertanyaan yang diajukan melalui forum magang beberapa saat lalu. Terima kasih kepada seluruh mahasiswa FIKOM 2015 atas partisipasinya.

Bank Informasi Bulan Juli : Forum Online Magang untuk Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2015

PERTANYAAN MAGANG UMUM
PERTANYAAN MAGANG UMUM
No Pertanyaan Jawaban
1. Kapan tepatnya kita bisa mengambil KM-00 untuk Jurnalistik, dan KM-01 untuk Stracomm?

Pengambilan surat KM dapat diambil setelah KRS, yakni tanggal 10 Agustus 2018. Pengambilan surat tersebut bisa ke admin prodi (Mbak Natalya Batubara).

2. Apakah sebelum KRS sudah boleh magang?

Boleh. Prodi tidak pernah melarang mahasiswa kapan memulai magang. Namun memang secara administratif, magang dimulai bulan Agustus, setelah KM.

Magang dihitung efektif oleh kampus setelah KM 03 selesai diurus dan diterbitkan oleh kampus. Periode magang sebelum pengajuan KM tidak dihitung oleh kampus. Sehingga apabila Anda sudah magang sebelum pengajuan KM, silahkan memperpanjang waktu magang Anda hingga memenuhi total minimal 60 hari kerja sesuai dengan ketentuan kampus yang terhitung setelah KM 1 diterima Kaprodi.

3. Kapan minimal periode magang? Pelaksanaan magang minimal 60 hari kerja aktif terhitung sejak diakui kampus (setelah pengajuan KM diterima Kaprodi). Silakan jika ingin magang melebihi batas waktu minimum.
4. Kapan pelaksanaan sidang magang?

Sidang magang bulan Januari, mohon disesuaikan waktu magang Anda agar bisa mengikuti sidang tepat waktu.

5. Apakah mahasiswa bisa mengikuti sidang magang jika perusahaan tempat magang mewajibkan untuk magang selama 6 bulan?

Bisa saja. ASALKAN, perusahaan tersebut bersedia mengeluarkan penilaian magang anda. Karena saat sidang magang, nilai magang dari perusahaan memiliki bobot 50% dari keseluruhan nilai mata kuliah magang ini. Sehingga silahkan negosiasi dengan perusahaan apakah nilai magang resmi dari perusahaan dapat diberikan sebelum periode magang Anda selesai.

6. Kapan KRS semester Ganjil untuk Ilmu Komunikasi tahun ajaran 2018/2019?

KRS Semester Ganjil pada tanggal 6- 9 Agustus 2018. Untuk Ilmu Komunikasi pada tanggal 8-9 Agustus 2018. Jadwalnya sudah dapat dilihat di email student masing-masing.

7. Berapa sks minimal untuk pengambilan magang?

Syarat pengambilan magang adalah mahasiswa sudah mengambil (dan lulus) minimal 110 SKS, terhitung dari semester 1 hingga semester 6. Mahasiswa dapat memperhatikan lagi apakah mata kuliah yang diambil sudah dinyatakan lulus sesuai ketentuan. Ada beberapa mata kuliah yang nilai kelulusannya minimal B dan ada pula yang standar kelulusannya di bawah B. Maksimal terdapat 2 mata kuliah yang memiliki nilai D (untuk matkul yang standar kelulusannya D). Berdasarkan panduan magang, nilai IPK pada semester yang telah ditempuh tidak boleh kurang dari 2,50.

8. Berapa lama proses dari kampus untuk pengajuan KM ?

2 atau 3 hari, tergantung banyaknya. Karena admin Prodi (Mbak Natalya Batubara) yang mengerjakan langsung, dari KM 01 itu surat permohonan, setelah itu dari KM 01 dibuatkan Surat KM 02 untuk surat pengantar ke perusahaan itu. Jika yang mengajukan ada 300 tentunya tidak mungkin selesai dalam 1 hari. Namun Mbak Lya akan mengusahakan secepat mungkin.

Perlu diperhatikan, mengacu pada panduan magang 2018 (panduan dapat di download di imkom.umn.ac.id), pengajuan KM-01 wajib membawa transkrip nilai sampai dengan semester terakhir sebelum magang dan/atau dokumen lain yang diperlukan.

9. Apakah KM dan Surat Pengantar magang itu berbeda?

Berbeda. KM adalah surat permohonan supaya Kaprodi dapat mengecek tempat magang mahasiswa. KM-02 adalah surat pengantar dari Prodi ke perusahaan tempat magang. KM-03 merupakan surat penerimaan dari perusahaan ke Prodi.

10. Apakah Surat pengantar magang dari kampus sudah dapat diambil sebelum KM-01? Tidak bisa. Karena surat pengantar magang adalah KM-02. Jadi harus diambil setelah KM-01.
11. Bagaimana kalau masih ada 2 matkul (Seminar Project dan Strategic Research) yang harus diambil, apakah sudah dipastikan jadwal kelasnya? Agar bisa menyusun jadwal di tempat magang juga.

SEMPRO

Untuk Jurnal : Kamis dan Jumat

Untuk PR : Senin, Selasa, dan Rabu

Untuk PR karena ada satu mata kuliah lagi yang harus diambil (PR Research) nanti akan dijadikan satu hari dengan mata kuliah SEMPRO.

12. Kapan nama pembimbing magang akan diumumkan? Nama pembimbing magang akan diumumkan setelah KRS. Karena saat ini belum tau siapa saja yang akan magang dan dimana.
13. Apakah kalau masih ada 1 matkul wajib yang nilainya masih di bawah B bisa magang tahun ini? Jika masih ada 1 matkul wajib yang di bawah B, boleh magang atau tidaknya itu harus konsultasi ke Dosen Pembimbing Akademik.
PERTANYAAN MAGANG PR

PERTANYAAN MAGANG PR

1. Apakah anak PR yang menjadi  harus di Departement PR, atau diperbolehkan juga dari Departement HRD? Mahasiswa PR dibebaskan untuk magang di divisi apa saja DENGAN SYARAT pekerjaan yang dilakukan memiliki basis Public Relations. Hal ini dikarenakan beberapa perusahaan belum mengenal atau menyebut secara spesifik keberadaan posisi PR. Namun, bila di perusahaan tempat Anda magang memiliki divisi yang lebih spesifik untuk Public Relations, Anda tidak diperbolehkan mengambil posisi magang di departemen lain, selain posisi PR atau Marketing Communications.
2. Apakah mahasiswa PR boleh magang di startup? Apa ketentuan minimumnya? BOLEH. Tidak ada batasan minimum usia perusahaan atau jumlah karyawan. Namun, perhatikan apakah nantinya Anda akan bisa berkembang saat magang, apakah di tempat anda magang Anda mendapat pembimbing yang paham Ilmu Komunikasi. Hindari apabila posisi magang Anda hanya dipergunakan perusahaan untuk bekerja dengan gaji yang rendah tanpa bimbingan yang seimbang. Hal lainnya juga perhatikan siapa pemilik startup tersebut, apabila pemiliknya adalah praktisi yang sudah teruji bertahun-tahun di bidang PR, prodi mengijinkan. Selain itu, apabila alumni pernah magang di tempat itu juga dapat menjadi pertimbangan, misalnya di skystar.
PERTANYAAN MAGANG JURNALISTIK

PERTANYAAN MAGANG JURNALISTIK

 1. Apa persyaratan untuk magang di NET? Apakah boleh magang sebagai Production assistant? Entertaintment News Net TV itu masih diperbolehkan, karena masih ada unsur jurnalistiknya. Kalau seperti Ini Talkshow itu tidak diperbolehkan. Karena  termasuk dalam program hiburan yang tidak ada dasar jurnalistik. Untuk talkshow seperti : Mata Najwa, Rosi (Kompas Tv), Aiman (Kompas Tv) itu diperbolehkan karena ada dasar jurnalistiknya.
2. Apakah Jurusan Jurnalistik boleh magang menjadi Content Writer/Content Creator ? Jurusan Jurnalistik boleh magang sebagai content writer asalkan ada dasar jurnalistiknya. Tidak dianjurkan magang sebagai content writer di perusahaan non-berita. Contohnya, seperti sebagai content writer di Garuda Indonesia, karena tidak termasuk kajian jurnalistik.
3. Apakah magang Jurusan Jurnalistik harus di Department News, atau boleh di bidang sport/lifestyle ? Boleh magang di bidang sport dan lifestyle. Namun, kembali lagi kepada DASAR JURNALISTIK. Output dan gaya penulisan media tersebut bagaimana, data perusahaan yang jelas, susunan struktur redaksinya alangkah lebih baik jika disertakan dengan badan hukum seperti PT. Point-point tersebut harus dilengkapi dan dipastikan kembali ke prodi apakah media tersebut diperbolehkan atau tidak.
4. Apakah Mahasiswa Jurnalistik bisa magang di Kelembagaan Negara (Mabes Polri) ? Magang di kelembagaan negara (Mabes Polri dan sejenisnya) tidak diperbolehkan, walaupun dalam divisi foto, video ataupun content writer.

Alasannya karena kelembagaan negara terhitung seperti perusahaan atau lembaga (yang sudah dijelaskan diatas), lalu angle kajian jurnalistik yang ada (lembaga atau perusahaan) berbeda dengan angle kajian jurnalistik media.

5. Apakah diperbolehkan untuk magang di majalah/radio lifestyle sebagai reporter? Magang di radio/majalah lifestyle sebagai reporter boleh saja. Namun dikembalikan lagi apakah media tersebut memiliki dasar jurnalistiknya yang kuat atau tidak.
6. Posisi apa yang bisa diambil oleh mahasiswa Jurusan Jurnalistik, selain menjadi reporter, fotografer, dan videografer? Posisi yang boleh diambil untuk magang Jurusan Jurnalistik : reporter, videografer, fotografer, asisten produser, creative, floor director dan divisi lainnya yang berhubungan dengan produksi jurnalistik (news: hardnews & softnews).
7. Apakah kalau kerja freelance tetap dihitung magang? Kerja freelance bisa saja dihitung magang jika media atau perusahaan tempat kamu kerja bersedia mengeluarkan surat kepada Prodi yang menyatakan bahwa kamu telah melakukan magang. Namun, harus tetap sesuai dengan jurusan Anda dan memenuhi kualifikasi/ketentuan magang kampus.
8. Apakah boleh magang di media seperti opini.id? Boleh saja magang disana. Walaupun mereka media homeless namun orang-orang di dalam redaksi tersebut pernah menjadi reporter di berbagai media seperti kompas.com, CNN Indonesia dan lain-lain. Sehingga kaidah jurnalistik tidak pudar dalam opini.id.
9. TERKAIT MATA KULIAH MEDIA ETHICS AND LAW KHUSUS JURNAL 2015

 

Mata kuliah Media Ethics ada di Hari Kamis dan Jumat. Prodi sudah request ke BAAK untuk penutupan akses Media Ethics untuk 2016 di hari Kamis dan Jumat. Namun, kembali lagi keputusan terakhir di tangan BAAK dan prodi akan terus jalin komunikasi dengan BAAK hingga pelaksanaan KRS nanti agar request tersebut terealisasi.

Kelas yang dibuka totalnya ada 10, khusus untuk Jurnal 2015 ada 4.

NAMUN, apabila anak 2016 tidak mendapat kursi pada kelas di hari yang dikhususkan untuk mereka, akan dibuka slot di Hari Kamis/Jumat untuk anak 2016 juga.

Namun sekali lagi, Kamis dan Jumat akan diprioritaskan untuk anak 2015 dan I'M KOM akan membantu menghimbau anak 2016 untuk TIDAK mengambil kelas di Medlaw pada hari Kamis/ Jumat.

PERTANYAAN MAGANG SEPUTAR ASIAN GAMES 2018

PERTANYAAN MAGANG SEPUTAR ASIAN GAMES 2018

1. Apakah posisi/divisi Magang di ASIAN GAMES tidak semua diperbolehkan sebagai syarat magang ?

Aktivitas di ASIAN GAMES dapat disetarakan dengan magang, syaratnya adalah mendapat posisi di divisi sesuai prodinya. Karena saat sidang laporan magang dan job descriptionnya harus dapat dipertanggungjawabkan mahasiswa.

Karena nanti akan diminta untuk membandingkan apa yang dipelajari selama di perkuliahan (teori-teori, konsep, dsb) dengan apa yang ada di lapangan untuk penyusunan laporan magang. Maka, magang ASIAN GAMES dinyatakan sebagai magang, jika divisi yang diambil sesuai dengan jurusannya (STRACOMM DAN JURNALISTIK). Misalkan, jika mahasiswa Jurnalistik mendapat posisi sebagai LO itu tidak dihitung sebagai magang, karena tidak ada dasar Jurnalistiknya atau mata kuliah Jurnalistiknya. Begitu pula untuk Stracomm.

2. Apakah mahasiswa yang magang di ASIAN GAMES (yang penempatannya sesuai dengan jurusannya) masih tetap butuh mengajukan Surat KM? Perlu.Mahasiswa dapat mengurus Surat KM-00 (Jurnal) dan KM-01 (Stracomm) sebelum KRS online dengan melampirkan transkrip nilai terbaru dan email pengumuman penerimaan dari penyelenggara program Broadcast Legacy ASIAN GAMES. Lalu akan dilanjutkan dengan pengecekan syarat-syarat kelengkapan, tanda tangan, dan kemudian akan dikeluarkan KM-03 dan seterusnya.
3. Bagaimana pengisian KRS khusus yg mengambil magang Asian Games dan apa ketentuannya? Jika mahasiswa tersebut mendapatkan nilai E di semester 6 maka secara otomatis, magangnya akan failed dan tidak bisa dilanjutkan dan tidak dapat dihitung magang.

Karena kan sama saja mahasiswa tidak bisa mengisi KRS. Prodi memberi kemudahan untuk yang magang di ASIAN GAMES dengan pengajuan KM sebelum KRS, tapi ada nilai E atau lebih dari dua nilai D, maka secara administratif, dia tidak akan bisa mengambil mata kuliah magang.

Tidak dapat disimpan di tahun depan, dan magang di ASIAN GAMES kemudian hanya untuk menambah CV (magang pribadi).

4. Apakah magang di ASIAN GAMES (selama 2 minggu) setara dengan magang selama 60 hari? Pihak prodi menganggap magang di ASIAN GAMES setara dengan magang di tempat lain selama 60 hari. Hal ini merupakan salah satu bentuk apresiasi UMN untuk mahasiswa yang diterima magang di ASIAN GAMES, karena bisa ikut menyukseskan ASIAN GAMES dan membawa nama UMN.
5. Bagaimana sistem pemutihan absen untuk mahasiswa yang magang di ASIAN GAMES 2018? PEMUTIHAN ABSENSI :

2015 : Dihitung sebagai magang resmi dari pihak kampus (kalau divisi sesuai sama jurusan), maka mahasiswa akan mendapat pemutihan absen.

2016 : Karena tidak diwajibkan untuk magang, maka pemutihan absen masih dipertimbangkan oleh pihak Rektorat dan Kaprodi.