BRIEFING MAGANG PRODI JURNALISTIK – 6 MEI 2020

Agenda

  • Bimbingan akademik masal lintas Angkatan
  • Pengantar untuk magang

 

Narasumber : Pak F.X. Lilik Dwi Mardjianto, S.S.,M.A. (Selaku Ketua Program Studi Jurnalistik)

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA No. 022/SK-R/1/2020 TENTANG PERUBAHAN STANDAR MINIMAL KELULUSAN MATA KULIAH SEBAGAI SYARAT YUDISIUM UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA.

Maka mahasiwsa Program Studi Jurnalistik semua Angkatan harap memperhatikan ketetapan-ketetapan berikut:

  1. Standar nilai minimal kelulusan mata kuliah sebagai syarat yudisium adalah C pada semua mata kuliah.
  2. Mencabut ketentuan dalam Pasal 24 ayat 1 butir (d) pada surat keputusan rector No. 253/SK-R/VIII/2019 tentang Panduan Akademik 2019 Program Sarjana Universitas Multimedia Nusantara yang menyebutkan bahwa jumlah maksimal nilai D adalah 2 untuk mata kuliah yang diperbolehkan.
  3. Nilai bobot huruf dan angka merujuk pada Panduan Akademik dan Kurikulum Universitas Multimedia Nusantara.
  4. Keputusan ini berlaku mulai semester ganjil 2020/2021, terutama mulai yudisium Januari 2021.
  5. Apabila dikemudian hari perlu dilakukan perubahan, akan diterbitkan Surat Keputusan baru yang menggantikan keputusan yang tengah berlaku.

 

Penjelasan :

  1. Mahasiswa UMN semua Angkatan dan semua program studi yang lulus Yudisium sebelum januari 2021 masih dapat lulus dengan ketentuan batas nilai Yudisium yang lama (masih boleh ada nilai D maksimal 2 dan bukan MKDU)
  2. Mahasiswa UMN semua Angkatan dan semua program studi yang baru akan lulus pada masa Semester Ganjil 2020-2021 (Mulai Yudisium Januari 2021 dan seterusnya) hanya dapat dinyatakan lulus sidang Yudisium apabila memenuhi kriteria nilai minimal sesuai dengan SK Rektor terbaru yang disebutkan di atas.
  3. Fakultas Ilmu Komunikasi yang terdiri dari Program Studi Jurnalistik dan Program Studi Ilmu Komunikasi (Strategic Communication) akan melakukan Langkah antisipasi dengan menyediakan sejumlah mata kuliah di Semester antara.

Semester Antara :

  1. Program Semester Antara dilaksanakan setelah UAS semester genap.
  2. Program Semester Antara diselenggarakan selama 6 minggu, dengan ketentuan sebagai berikut:
  3. Mahasiswa diperkenankan mengambil mata kuliah baru maksimal 9 sks atau 3 mata kuliah.
  4. Kelas ditawarkan di Semester Antara setelah melalui pertimbangan data nilai mahasiswa dan ketersediaan dosen pengajar. Kelas-kelas yang ditawarkan di Semester Antara ditutup oleh system jika jumlah peserta kurang dari 15 orang per kelas.
  5. Di Semester Antara, mahasiswa bisa mengulang mata kuliah atau mengambil mata kuliah baru (untuk mempercepat studi). Bagi mahasiswa yang mengulang mata kuliah, maka nilai yang akan diakui adalah nilai yang terakhir diambil.
  6. Mahasiswa dengan status tidak aktif pada semester sebelumnya diperkenankan mengambil mata kuliah di semester antara.
  7. Mahasiswa yang memperoleh nilai F karena kecurangan akademik dan yang terkena penalti ketidakhadiran pada semester sebelumnya, diperkenankan mengulang mata kuliah tersebut di Semester Antara.
  8. Mahasiswa yang berhak mengikuti ujian akhir semester antara ialah yang ketidakhadirannya maksimal 3 kali dari keseluruhan jumlah perkuliahan.
  9. Biaya semester antara sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  10. Mahasiswa yang belum sempat KRS Semester Antara, bisa ikut KRS tambah ganti pada 5-6 Mei 2020.

Persiapan KRS semester ganjil 2020-2021 :

  1. Hubungi dosen pembimbing akademik masing-masing untuk mendiskusikan strategi pengambilan mata kuliah untuk krs online semester ganjil 2020-2021 mendatang.
  2. Mekanisme teknis bimbingan dengan dosen pembimbing akademik disesuaikan dengan kesepakatan antara dosen pembimbing dengan mahasiswa bimbingan.
  3. Panduan bimbingan akademik akan diinformasikan dalam berkas terpisah.
  4. Konsultasi strategi pengambilan mata kuliah harus diselesaikan dalam periode UAS semester genap 2019-2020

 

Narasumber : Pak Adi Wibowo (Selaku Sekretaris Program Studi Jurnalistik)

Magang

  1. Kerja Magang merupakan satu diantara kewajiban-kewajiban akademis yang harus dilakukan oleh setiap mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara.
  2. Kerja magang dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan secara professional untuk:
  3. Menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi di dunia kerja dengan bekal ilmu yang telah dipelajari di kampus.
  4. Mengembangkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa melalui pengaplikasian ilmu.
  5. Memberikan pelatihan dan pengalaman kerja bagi mahasiswa.
  6. Link and match pengetahuan yang telah dipelajari di kampus dunia industry.
  7. Sebelum mengikuti kerja magang, mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti pembekalan magang yang diadakan oleh bagian karir UMN bersama dengan prodi.
  8. Pemilihan tempat magang dan bidang kerja harus sesuai dengan bidang konsentrasi yang dipilih mahasiswa sehingga mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari di dunia kerja.

 

 

Jobdesk magang :

  • Jurnalis multiplatform dan yang mampu beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan media televisi, radio, cetak, online, bahkan konvergensi.
  • Praktisi media
  • Multimedia Content Producers dengan jiwa kewirausahaan yang mampu mengembangkan bisnis kontek untuk memenuhi kebutuhan industry media dan korporasi terhadap konten-konten multimedia
  • Researcher yang mampu melakukan riset kajian ilmu jurnalistik sekaligus juga mampu melakukan riset praktis

Kriteria perusahaan / Lembaga tempat magang :

  1. Berbadan hukum
  2. Melakukan kegiatan produksi dan distribusi konten yang bermanfaat positif bagi public dan bernilai berita. Kontek-kontek tersebut dibuat berdasarkan prinsip dan KEJ.
  3. Melakukan aktivitas penelitian di bidang kajian media dan jurnalistik.
  4. Pimpinan dan struktur manajerial level atas dikelola professional yang berpengalaman yang menguasai bidang jurnalistik dan/atau penelitian media/jurnalistik.
  5. Prodi akan melakukan review terhadap tempat magang yang diajukan oleh mahasiswa melalui formulir yang telah disediakan.
  6. Ketentuan tempat magang dalam situasi khusus untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 akan disampaikan kemudian sesuai dengan kebijakan Universitas.

Tindak lanjut

  • Jika anda memiliki pertanyaan terkait materi bimbingan, silahkan sampaikan pertanyaan melalui dosen pembimbing masing-masing

Narasumber : Elvira Wahyono (Selaku perwakilan dari Career Development Centre)

Manfaat magang

  • Meningkatkan percaya diri saat mengidentifikasi keterampilan dan kemampuan serta bakat
  • Mengaplikasikan semua ilmu yang telah dipelajari
  • Standar kerja yang professional dalam jenjng karir sesungguhnya
  • Meningkatkan keterampilan serta keahlian praktek kerj
  • Mendapatkan networking kesempatan kerja
  • Proses sadar karir (evaluasi)

Hal yang perlu disiapkan adalah:

  1. Tentukan profesional branding, memungkinkan membedakan diri dengan kandidat lainnya.
  2. Cari informasi magang:
  • Database CDC akan di share melalui prodi
  • Mengikuti Career Day di tanggal 12-13 Mei 2020. Silahkan cek IG @CDCUMN untuk informasi lebih lanjut
  • Networking pribadi anda
  • Portal kerja seperti : Linkedln, JobsDB, Jobstreet, Kalibrr
  1. Membuat:
  • Surat aplikasi kerja
  • Cover letter
  • Interview tool kit (jika diperlukan)

Prosedur aplikasi kerja magang :

  • Bagi mahasiswa yang belum mendapatkan tempat magang bisa mengunjungi divisi CDC di ruang c202 atau menghubungi karier@umn.ac.id
  • Apabila perusahaan meminta surat pengantar magang, maka mahasiswa dapat menyerahkan surat pengantar magang yang didapat dari admin prodi ke CDC

 

Apabila membutuhkan bantuan untuk mengirimkan CV ke perusahaan melalui CDC, maka Langkah yang harus disiapkan:

  • CV yang dilengkapi pass foto dan transkrip nilai, kemudian kirimkan ke : karier@umn.ac.id
  • Maksimal ukuran file adalah 2MB dalam bentuk PDF atau jpeg.
  • Subject email : CV Magang_perusahaan yang dituju (sebutkan nama/prodi)

 

Aspek penilaian magang

  • Disiplin kerja
  • Penguasaan pekerjaan
  • Teamwork & komunikasi
  • Kepribadian
  • Inisiatif & kreatifitas

Aplikasikan 5C dalam kegiatan magang

 

Sesi Tanya Jawab :

Q: Kalau kita dapet banyak C, missal ada 6 C, apa boleh, pak?

A: Iya, Boleh

 

Q: Semester antara apakah permanen?

A: Prodi terus mengikuti dari DIKTI,  sebelum ketentuan ini dicabut, tetap ada SA.

 

Q: Mata kuliah Seminar Proposal itu bagaimana ya ?

A: Sempro memiliki 2 JR 755, ini untuk yang akan mengambil skripsi. JR 756, mata kuliah seminar yang akan memutuskan membuat karya. Jadi ada dua jalur, ada skripsi, ada yang berbasis karya.

Seminar kajian, Berlatih membuat proposal skripsi, akan ada proses pembimbingan, membuat bab 1-3, bab tersebut akan jadi uts dan direvisi, lalu akan dikirim pada UAS.

Seminar karya, isi nya sama, proses perkuliahan sama tetapi berjalan terpisah, yang tadi skripsi, kalau ini proposal projek.

 

Q: Untuk mencari tempat magang, apakah saya bebas apply ke perusahaan mana saja atau saya harus tektokan dengan pihak UMN?

A: Bisa dua-duanya, ada dua jalur tersedia, tetapi tetap harus memberikan informasi ke UMN.

 

Q: Batas terakhir yudisium itu kapan?

A: Harap menunggu informasi di email student masing-masing ya.

 

Q: Jobdesk researcher itu penjelasannya seperti apa ?

A: researcher dalam dua aspek. Peneliti media dalam dua jalur yang pertama  ada divisi RND, inhouse di media tertentu. Kemudian, Lembaga independent, seperti remotivi juga bisa.

 

Q: Saya masih ada nilai D apakah saya harus ulang jika saya tidak yudisium bulan januari?

A: Harus tetap mengulang karena sudah mengikuti kebijakan yang baru.

 

Q: Apakah saya bisa melakukan magang dan skripsi secara bersamaan ?

A: Keduanya bisa diambil bersamaan. Namun, dipastikan saja kembali dari perusahaan mengenai waktu magang nya. Jika perusahaan menganggap hari kerja, UMN juga menganggap hari kerja, tergantung dengan perusahaan.

 

Q: Mengenai seminar karya dan kajian, apa diperbolehkan untuk mengambil dua-duanya?

A: Sistem memperbolehkan, tetapi membebankan. Disarankan untuk mengambil salah satu saja.